Permainan Informatika

 Permainan Informatika

By : Kenzie Al Hassan Satria 8D/19

   Assalamualaikum Wr Wb, bagaimana kabar kalian semua? semoga baik-baik saja. Kali ini saya ingin memberi tahu pengalaman saya dengan permainan Informatika. Yaitu permainan yang memiliki ilmu informatika di dalamnya. Permainannya sangat bagus untuk meningkatkan, menambah dan mengasah aktivitas otak kita. Serta meningkatkan kemampuan kita di beberapa elemen informatika. Jadi langsung saja saya kasih tahu.

   Ada dua permainan yang saya akan sorot kali ini. Yaitu Minecraft dan Scratch. Pertama, saya akan bicara tentang Minecraft. Minecraft adalah sebuah permainan sandbox yang dikembangkan oleh pengembang permainan asal Swedia Mojang Studios. Permainan ini dibuat oleh Markus "Notch" Persson dalam bahasa pemrograman Java. Setelah beberapa versi pengujian pribadi awal, permainan ini pertama kali diterbitkan pada Mei 2009 sebelum sepenuhnya dirilis pada November 2011, kemudian Jens "Jeb" Bergensten mengambil alih pengembangan. Permainan ini adalah salah satu yang terlaris sepanjang masa, terjual lebih dari 238 juta kali dan dengan lebih dari 140 juta pemain aktif bulanan.

   Di Minecraft, pemain menjelajahi dunia 3D kotak-kotak dengan bioma Minecraft beragam yang dihasilkan secara prosedural, dan dapat menemukan dan membuat dari bahan baku, alat kerajinan, membangun struktur atau pekerjaan tanah, tergantung pada mode permainan, dapat melawan musuh yang dikendalikan oleh komputer, dan juga bekerja sama atau bersaing dengan pemain lain di dunia yang sama. Mode permainan dalam Minecraft termasuk mode bertahan hidup, di mana pemain harus mendapatkan sumber daya untuk membangun dunia dan menjaga kesehatan, dan mode kreatif, di mana pemain memiliki sumber daya tanpa batas. Pemain dapat memodifikasi game dengan mod untuk membuat mekanisme, item, tekstur, add-ons, dan aset alur permainan baru.

   Di Minecraft, otak kita dapat diasah lewat beberapa cara sebagai contoh, dengan redstone, kita dilatih Algoritma dan Pemrograman dengan menentukan berapa redstone tick agar dapat menyalakan comparator serta cara melakukannya dengan tempat sempit dan tidak terlihat. Serta bermain mode survival dapat meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis kita.

   Ada juga game kedua yakni Scratch. Scratch diluncurkan pada Mei 2007 sebagai aplikasi desktop yang dapat diunduh. Anak-anak dapat membuat cerita, permainan, dan animasi interaktif mereka sendiri di komputer mereka dan membaginya dengan komunitas online dengan mengunggahnya ke situs web Scratch. Rilis Scratch 2.0 membawa Scratch ke web pada tahun 2013, menghasilkan pertumbuhan eksponensial di komunitas Scratch. Scratch sekarang adalah platform pengkodean terbesar di dunia untuk anak-anak; itu tersedia di seluruh dunia, gratis.

   Scratch dapat meningkatkan kemampuan Algoritma dan Pemrograman dengan codingnya. Saya sangat menyukai scratch bukan hanya karena gratis, tapi juga dengan banyaknya opsi untuk membuat ribuan bankan jutaan hasil coding yang berbeda satu sama lain. ngomongin tentang scratch, berikut salah satu coding yang saya buat di scratch.



1. Setelah mempelajari setiap elemen informatika di kelas VII, apakah kalian dapat membuat peta pikiran yang mengoneksikan elemen-elemen tersebut menjadi pengetahuan yang utuh?

Peta Konsep TIK

2. Pengalaman beraktivitas pada elemen yang mana yang paling berkesan? Mengapa? Ceritakan dengan ringkas di blog kamu!

Algoritma dan Pemrograman, karena saya menyukai coding serta membuat algoritma

3. Apakah kalian dapat memberikan satu atau dua contoh pengalaman sehari-hari kalian yang ternyata kalau dipikirkan kembali, adalah praktik dari informatika yang sudah dipelajarai di kelas VII?

Guru memberikan tugas meringkas atau merangkum buku bacaan pada siswa di kelas. Hal ini mengakibatkan siswa untuk mampu membedakan atau memilah informasi yang penting dan kurang penting

4. Elemen informatika apa yang menurut kalian merupakan muatan paling banyak dan paling penting?

Berpikir Komputasional

5. Rangkuman faktual yang sudah dipelajari, ceritakan dengan ringkas menggunakan kata-kata kalian sendiri. Mungkin saja terlewatkan dan ada beberapa konsep atau akativitas yang belum kalian lakukan saat berada di kelas VII.

Ada, yaitu kegiatan unplugged, meskipun pernah tapi sangat jarang


Apa saja yang sudah kalian ketahui tentang:

Berpikir Komputational (BK)? BK mengasah keterampilan problem solving

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)? TIK akan menjadi alat dalam berkarya dan sekaligus objek kajian

Sistem Komputer (SK)? Pengetahuan tentang hardware dan software

Jaringan Komputer dan Internet (JKI)? Menghubungkan sistem komputer dengan jaringan lokal maupun internet

Analisis Data (AD)? Menginput, memproses, dan memvisualisasi data

Algoritma dan Pemrograman (AP)? Perumusan dan penulisan langkah penyelesaian solusi secara runtut

Dampak Sosial Informatika (DSI)? Penumbuhan kesadaran siswa akan dampak Informatika

Praktik Lintas Bidang (PLB) Informatika? Aktivitas-aktivitas yang melatih siswa bergotong royong untuk untuk menghasilkan artefak komputasional secara kreatif dan inovatif

Comments

Popular posts from this blog

Jawaban Soal TIK Bab 5

Liputan Digital Labs